Pages

________________________________________________________________________

LINGKUNGAN dan MEDIA MASSA

28 April 2010

By: Evi Mariana

LETS GO GREEN

Slogan vs Isu Penting

Kesadaran masyarakat meningkat dengan cukup cepat. Tapi mereka banyak yang terbatas pada slogan saja. Misalnya Go Green! ; Stop Global Warming ; dll. Tidak ada yang salah dengan slogan, namun kalau hanya berhenti disana, tidak akan ada perubahan. Isu lingkungan

sungguh penting dan menyangkut hidup semua umat manusia, jauh lebih kompleks pada slogan-slogannya. Isu saat ini berkisar di isu pemanasan global/ perubahan iklim.

Apa sih perubahan iklim? Apa yang sudah disepakati dunia danmenjadi penyebabnya?

Isu Lingkungan Abad Ini

- Mencari energi yang sungguh-sungguh ramah lingkungan ( angin, matahari, geothermal)

- Menjaga hutan yang masih ada. Tiga negara dengan hutan terbesar yaitu Brazil, Republik Kongo, dan Indonesia, negara kita. Oleh karena itu kita harus dapat menjaga kelestarian alam kita ini. Karena dengan adanya hutan kita, kita telah menjadi paru-paru dunia untuk dapat terus hidup dan bernafas.

-Mengurangi polusi udara dan air, yang dipecaya dapat melepas emisi CO2 dan metan ke udara.

- Menghemat air. Sebab air akan menjadi komoditi yang langka saat cuaca ekstrem menimpa manusia

- Menghemat energi untuk mengurangi emisi dan fossil fuel.

-Mengubah gaya hidup dari yang boros menjadi ramah lingkungan. Misalnya mengurangi daging karena peternakan intensif juga mengeluarkan emisi. Emisi tersebut berasal dari kotoran hewan ternak yang setiap harinya bisa diproduksi berton-ton sebelum diolah kembali menjadi pupuk kandang.

Green Washing

Saking ngetopnya isu lingkungan di dunia, banyak pihak memanfaatkannya untuk memperbesar keuntungan.

Banyak perusahaan yang mengklaim bahwa produk dan perusahaannya ikut program Go Green, padahal tidak benar-benar Go Green.

Maksudnya dalam beberapa kasus yang pernah benar-benar terjadi di Indonesia, perusahaan mengadakan program satu orang satu pohon didaerah tertentu. Namun setelah acara penanaman tersebut pohon-pohon itu tidak dirawat, sehingga akhirnya juga mati sia-sia kembali. Atau perusahaan yang mengaku-aku Go Green di pabriknya hanya diwujudkan dengan adanya lahan taman kecil, atau pepohonan yang sedikit di daerah pabrik mereka.

Peran Media Untuk Lingkungan

Media massa an pesonilnya (wartawan, PR, praktisi, iklan) semua bertanggung jawab untuk menyebar informasi yang jujur dan benar mengenai lingkungan, sebab ini menyangkut nasib dunia, nasib orang banyak.

Pada praktiknya wartawan adalah orang terdepan yang paling kritis di tengah situasi yang banyak dimanfaatkan orang.

Contoh situasi dimana wartawan dan yang lainnya harus kritis:

- Kegiatan menanam pohon

- Produk-produk yang mengaku Go Green

- Acara-acara yang mengaku untuk lingkungan tapi ternyata sponsornya sedang ramai dibicarakan merusak hutan primer di Indonesia.

Enter your email address:

dapatkan artikel terbaru dari kamiNews

0 komentar:

Posting Komentar