Pages

________________________________________________________________________

New Media and Social Media

Dosen : Suarjono (VIVA news)

Perkembangan media massa pada saat ini tidak terlepas dari pengaruh media online atau internet. Hadirnya media-media baru seperti jejaring sosial (social media) dalam kalangan masyarakat sudah tidak asing lagi. Bahkan jejaring sosial yang populer seperti Facebook, dan Twitter telah menjadi seperti kebutuhan setiap orang untuk berkomunikasi atau ajang ‘eksis’. Bahkan ada lelucon yang mengatakan “a person is not exist if he/she doesn’t have a Facebook”. Mengapa media-media baru ini berpengaruh besar terhadap kehidupan sosial masyarakat kita?

Tentunya hal ini tidak pernah terbayangkan sebelumnya oleh para leluhur kita. Apalagi

negara Indonesia yang terkenal dengan kultur yang tradisional dan konservatif. Tetapi dengan kehadiran new media dan social media ini, telah membuka jalan koneksi dan komunikasi kita ke dunia luar dan internasional.

Masyarakat sekarang tidak hanya terpengaruh oleh media TV lagi, tetapi justru media online. Adanya moblie online yang marak dimiliki masyarakat juga mendukung kecanduan terhadap internet. Media iklan juga semakin gencar tampil di media online. Bahkan saat ini untuk pencarian tentang informasi produk, dapat lebih efektif dan praktis melalui online ke website-website produk tersebut.

Komunikasi satu arah juga sudah kurang diminati. Saat ini komunikasi dua arah atau ke segala arah lebih menjadi pilihan. Misalnya saat ini kebanyakan PR juga menggunakan social media untuk melakukan press release. Media-media baru juga memberikan inovasi baru dalam dunia pemberitaan dan informasi, misalnya dengan adanya citizen jurnalism yang dapat ditemukan di blog-blog, website-website dan forum. Tidak heran bahwa sebuah isu, kasus dan berita malah lebih cepat menyebar dan dicari melalui media online ini.

Tarif untuk pengguna Internet juga semakin terjangkau. Gadget yang semakin praktis untuk dapat online juga semakin banyak di pasaran, contohnya Iphone, blackberry, dan smart-phones lainnya. Media internet dan jejaring sosial sendiri juga dapat menciptakan hubungan intra-personal, seperti menciptakan hubungan kedekatan, keakraban yang menjadi nyata.

New media and social media ini menjadi suatu hal yang tidak dapat dipisahkan lagi dengan kehidupan sehari-hari. Secara tidak langsung, media-media baru ini telah menjadi sebuah kebutuhan baru bagi pengguna aktifnya. Karena itulah, new media dan social media ini juga telah memberikan perubahan besar dan perkembangan dalam kehidupan sosial masyarakat.

Author : Yiyie Stenny Agustin / 915070207

Enter your email address:

dapatkan artikel terbaru dari kamiNews

0 komentar:

Posting Komentar