Pages

________________________________________________________________________

Telepon kejujuran Hasil dari Dampak Perubahan Sosial


Tugas individu

By : Jessica Natasya

915070084

Tugas individu

KAPita SELekta

FIKOM UNTAR’ 07

Modernisasi yang melanda masyarakat luas tak lepas dari alat pengkomunikasian nasional di mana Telepon seluler, atau yang sering kita sebut handphone –HP- merupakan salah satu teknologi yang sangat pesat perkembangannya. Telepon seluler adalah sebuah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon fixed line yang konvensional namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless). Telepon seluler (ponsel) biasa juga dikenal dengan sebutan handphone (disingkat HP) atau telepon genggam.

Cikal bakal telepon seluler merupakan telepon temuan Alexander Graham Bell. Pada saat tinggal di London, Bell sempat belajar tentang percobaan yang dilakukan oleh Herman Ludwig von Helmholtz berupa tuning fork dan magnet yang dapat menghasilkan bunyi yang terdengar nyaring. Kemudian baru pada tahun 1865 Bell mempelajari lebih mendalam tentang suara yang keluar dari mulut saat berbicara.

Modernisasi merupakan perkembangan peradaban. Sejak jaman batu, jaman kegelapan, masa pencerahan, revolusi industri hingga jaman modern. Perkembangan peradaban ditandai dengan kemajuan teknologi. Teknologi sendiri bertujuan untuk merubah (to change) dan memajukan (to move) kehidupan masyarakat ke arah lebih baik. Dengan bantuan teknologi diharapkan kehidupan masyarakat lebih mudah, lebih cepat dan lebih maju. Salah satu teknologi yang berkembang pesat saat ini, membuat kehidupan masyarakat lebih mudah, lebih cepat dan lebih maju adalah teknologi informasi dan telekomunikasi.

Suatu titik terang yang bermula pada suatu kesederhanaan pada kehidupan manusia, telah menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk mempermudah semua aspek kehidupan bernama TEKNOLOGI. Dunia informasi saat ini seakan tidak bisa terlepas dari teknologi. Konsumsi masyarakat akan teknologi menjadikan dunia teknologi semakin lama semakin canggih komunikasi yang dulunya memerlukan waktu yang lama dalam penyampaiannya kini dengan teknologi segalanya menjadi sangat dekat dan tanpa jarak.

Beberapa tahun yang lalu handphone hanya dimiliki oleh kalangan pembisnis yang memang benar-benar membutuhkan itu untuk kelancaran pekerjaannya. Seiring berjalannya waktu handphone bisa dimiliki oleh semua kalangan. Baik yang sangat membutuhkan maupun yang kurang membutuhkan. Karena sekarang handphone di lengkapi dengan beberapa fitur yang membuat handphone memiliki beberapa fungsi selain menelepon atau saling berkirim pesan singkat. Handphone kini bukan lagi sekadar alat untuk berkomunikasi. Namun juga sebagai gaya hidup, penampilan, tren dan prestise.

Kini dunia handphone adalah dunia untuk berkomunikasi, berbagi, mencipta dan menghibur dengan suara, tulisan, gambar, musik dan video. Disamping harga yang ditawarkan cukup terjangkau, berbagai fitur handphone juga diberikan sebagai penunjang majunya teknologi. Dengan semakin berkembangnya teknologi, perangkat Handphone semakin lengkap mulai dari Game, Mp3, Kamera, Radio, dan koneksi Internet.

Bahkan sekarang muncul teknologi baru untuk melengkapi komponen yaitu 3G. Dimana generasi ini telah merambah ke layanan internet secara Wireless. Teknologi ini telah merambah ke akses secara permanent Web, Video interaktif, dengan kualitas suara yang sangat baik sekualitas CD Audio Player hingga ke teknologi kamera video yang diintegrasikan dalam telepon seluller. Di kalangan remaja menggunakan handphone sebagai alat multi fungsi karena multi fungsi tersebut para remaja dapat menggunakan secara positif dan negatif tergantung dari tiap individu.

Terciptanya kantin kejujuran yang menyediakan kejujuran sebagai pelatihan dimana para masyarakat di ajarkan untuk jujur sejak tinggak SMP yang dimana kantin tersebut menyediakan telepon genggam yang di gunakan pembayaran sendiri, pengembalian sendiri oleh para murid, karena dilarang nya membawa teknologi komuniasi yaitu handphone yang menggangggu aktifitas belajar mengajar yang di lakukan di sekolah tingakat SMP dan SMA

Wapres Tuliskan Kata-kata Bijak di Kantin SMA 40

Laporan wartawan KOMPAS Suhartono

Kamis, 11 Maret 2010 | 10:23 WIB


SERAMBI INDONESIA/BEDU SAINI

Wapres Boediono

JAKARTA, KOMPAS.com Di Kantin Kejujuran SMA Negeri 40 Pademangan, Jakarta Utara, Wakil Presiden Boediono, yang kini tengah disorot pascakeputusan Rapat Paripurna DPR tentang kasus Bank Century, menuliskan kata-kata yang amat bijak.

”Kejujuran adalah bagian dari watak pemimpin bangsa.
Lanjutkan! Kantin Kejujuran,” demikian pinta Boediono dalam pesan tertulis di atas kertas putih sebelum meninggalkan Kantin Kejujuran SMA Negeri 40, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis (11/3/2010) siang ini.

Peninjauan Wapres ke kantin kejujuran merupakan bagian dari kunjungan kerja setengah hari ke SMA Negeri 40 Pademangan dan Puskesmas Tambora di Jakarta Barat.

Sebelumnya, saat memberikan pengarahan di SMA Negeri 40, Pademangan, Boediono menyatakan, pemimpin bangsa di Indonesia tidak cukup hanya memiliki keterampilan saja, tetapi juga harus memiliki pengetahuan dan kejujuran, kecintaan terhadap negeri, serta seiya sekata dalam perbuatan.

Kantin kejujuran adalah proyek percontohan peningkatan kejujuran di DKI Jakarta dan di Indonesia. Di SMA Negeri 40, kantin tersebut baru terbentuk pada awal Maret lalu sebelum kedatangan Wapres. Di kantin itu, siswa membeli dengan mengambil makanannya sendiri, membayar sendiri, dan mengambil uang kembalian sendiri, tanpa melalui penjaga kantin.

Dalam kunjungan itu, Boediono didampingi empat menteri kabinet, yaitu Menko Kesra Agung Laksono, Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih, Menteri Pendidikan Nasional M Nuh, dan Menteri Agama Suryadharma Ali.

Boediono juga mengajak pejabat lain, di antaranya Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sugiri Syarief dan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo. Dalam kunjungan ini, Wapres disambut oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 40 Matalih.

sehingga

Perkembangan peradaban ke arah modernisasi secara signifikan menunjukkan bahwa informasi dan telekomunikasi merupakan kebutuhan. Disebut kebutuhan karena dengan akses informasi dan telekomunikasi kita dapat memenuhi segala kebutuhan (primer, sekunder, tersier). Kita dapat mengakses kebutuhan primer, sekunder dan tersier dengan teknologi informasi dan telekomunikasi, maka itu kantin kejujuran menyediakan alat komunikasi yang bisa di pakai oleh para murid sekolah untuk menghubungi para orangtuanya atau siapapun dalam keadaan penting atau pun darurat dengan cara membayar sendiri dan mengembalikan uang sendiri. permasalah dari para murid yang mengitil harus tetap adanya bimbingan atau pengawas agar tertangkap dan di kenakan sangsi pada pengitil sehingga murid pun akan terbiasa jujur.

Enter your email address:

dapatkan artikel terbaru dari kamiNews

0 komentar:

Posting Komentar